Senin, 01 Oktober 2012

Taman Nasional Baluran by Ichus Rose


TAMAN NASIONAL BALURAN

Taman Nasional Baluran terletak di Kecamatan Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur, sekitar 1 jam perjalanan dari Banyuwangi, merupakan kawasan konservasi alam yang memiliki keindahan dan eksotisme panorama alam. Luas taman ini sekitas 25.000 ha dimana 40% dari total luasnya merupakan ekosistem savana yang alami dan merupakan yang terluas di Pulau Jawa.

Savana Bekol

Hutan Mangrove
Taman ini hampir bisa dikatakan sebagai miniatur hutan Indonesia karena hampir semua tipe hutan terdapat disini yaitu meliputi hutan pantai, hutan mangrove dan rawa asin, hutan payau, padang rumput savana, hutan hujan pegunungan, hutan musim, hutan lamun dan gugusan terumbu karang. Flora yang terdapat di hutan-hutan ini antara lain Pilang (Acacia leucophloea Wild), Mimbo (Azadiracta indica A. Juss), Gebang (Corypha utan Lamk.), Asam (Tamara indica Linn.), Kepuh (Sterculia foetida Wall.), Widoro bukol (Zyziphus jujuba Lamk.), Kesambi ( Schleichera oleosa), Ketapang (Terminalia catappa Linn.), Mnating (Syzyqium polyanthum).

Rusa (Cervus timorensis)
Merak hijau (Pavo Muticus) 


 Selain hutan, di taman ini juga bisa dijumpai beraneka ragam fauna seperti mamalia besar yaitu Banteng ( Boss javanicus), Kerbau liar (Bubalus bubalis), Rusa (Cervus timorensis), Kijang (Mutiacus muntjak), Babi hutan (Sus scorva), Macan tutul (Panthera pardus),  Kucing batu (Felis bengalensis), Kucing bakau (Felis viverrina ), dan Ajag (Cuon alpinus). Sedangkan untuk jenis primata antara lain Kera ekor panjang (Macaca fascicularis) dan Lutung (Trachypithecus auratus cristatus). Disini juga mudah dijumpai berbagai jenis burung antara lain Merak hijau (Pavo Muticus) Ayam hutan merah (Gallus gallus), Ayam hutan hijau (Gallus varius), Kangkareng (Anthracoceros convexus), dan Rangkong (Bucheros rhinoceros).
Pantai Bama

Diujung taman ini juga terdapat pantai berpasi putih yang masih asri yaitu Pantai Bama. Pantai dengan hamparan pasir putih ini terletak 3 km dari savana Bekol, dan dikelilingi oleh hutan mangrove sbagai habitat berbagai jenis burung dan primata seperti kera abu-abu. Pantai Bama juga menyimpan keindahan panorama bawah laut yang menawan. Aneka terumbu karang dan ikan hias dapat dijumpai dsini. Pengunjung bisa menikmati rekreasi ditepi pantai, diving, snorkling, maupun berkano di pantai ini.

2 komentar: